Mengenal VMware ESXi dan cara instalasinya pada VMware Workstation

By | March 30, 2017

VMware ESXi merupakan sistem operasi dasar yang beroperasi menjalankan virtual machine (virtual komputer) secara langsung. Perbedaannya dengan VMware Workstation, adalah VMware Workstation itu program aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan virtual machine akan tetapi VMware Workstation berjalan diatas sistem operasi. 😀

Dengan adanya sistem operasi yang menjalankan langsung virtual machine, maka tidak diperlukan lagi program aplikasi pendukung yang menjalankan virtual machine seperti VMware Workstation. Banyak keuntungan yang didapat bila kita menggunakan OS VMware ESXi atau biasa disebut juga VMware Hypervisor. Salah satunya adalah penghematan sumber daya seperti Memory (RAM), Processor, Hardisk, dan Network Card. Dapat digunakan untuk alokasi virtual machine seutuhnya, lebih besar bila dibandingakan dengan menggunakan VMware Wokrstation, karena tidak perlu lagi menjalankan sistem operasi penunjang untuk menjalankan program aplikasi VMware Workstation. Ini untuk skala besar atau bisa disebut Virtual Server 😆😆😆.

Selain itu, lebih banyak feature – feature lainnya yang mempermudah dalam pengelolan virtualisasi, pengamanan virtualiasi, mempermudah akses, pengontrolan, informasi pelaporan (Report) dan tentunya dengan performance lebih baik. Akan saya bahas feature – feature ini, tapi sebelumnya penulis akan menjelaskan cara installnya terlebih dahulu 🙂  #peace

OK, disini penulis “ngelabnya” menggunakan program aplikasi VMware Workstation untuk menjalankan virtualisasinya, jangan khawatir 🙂 VMware ESXi  bisa kok dibuat virtualisasi dan dijalankan pada VMware Workstation. ( disini kita boleh berkomentar ” Mbahnya virtualisasi jadi virtualisasi” hehehehe 😁😁😁😁 #peace).
#Komen# Secara Virtual Server didalam VMware Workstation 🙂

Pemanfaatan nyatanya diperusahaan atau lembaga terkait, akan langsung diinstal pada jenis Super atau CPU High performace biasa disebut server.

Berikut settingan pada VMware Workstation :

Untuk sumber installernya, dapat didownload resmi dari situs vmware.com
dengan free trial 60 Hari. Cara mendapatkannya, silahkan register dulu untuk menjadi member pada situs vmware.com, kemudian klik link berikut ini untuk mendownloadnya.

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –
baca juga : cara instalasi vmware workstation
– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Dibawah ini, spesifikasi VM yang penulis siapkan untuk membuat virtual machine VMware ESXi 6.
Klik Power on this virtual machine.

 

Tekan tombol enter pada  ESXi-6.0.0-20150902001-standard Installer





Tekan Enter



Tekan F11 pada keyboard



Penulis mengalokasikan semua space hardisk yang tersedia, walaupun nanti realnya dilapangan kita cukup menggunakan flashdisk atau microdisk untuk menyimpan sistem operasi ini.
Tekan Enter



Pilih US Default kemudian Enter.

Masukan password dan confm password untuk password root.
Contoh password yang baik adalah terdapat huruf kapital, simbol, dan angka.
Contoh password : L@ngkah123
Tekan Enter.



Tekan F11 pada keyboard untuk melanjutkan penginstallan.



Pilih Remove the installation disk before rebooting, kemudian Enter.



Secara default settingan networking TCP/IP pada sistem operasi ESXi ini adalah otomatis, dan ESXi yang sudah diinstal medapatkan IP 192.168.71.4  karena penulis menentukan mode NAT pada network adapter untuk VM ESXi yang dibuat.



Pengecekan dengan melakukan ping pada alamat IP VM-ESXi dari program cmd.exe  pada  host.


Untuk pengoperasian ESXi, dapat diakses melalui browser pada alamat IP ESXi tersebut, atau menggunakan program aplikasi client VMware vSpare Client.



Terlihat pada Vmware vSpare Client yang mengarah pada IP ESXi, dengan user name : root dan password L@ngkah123 yang telah ditentukan pada proses instalasi sebelumnya.



 

Artikel selanjutnya membahas cara membuat bootable ESXi pada USB Flashdisk dengan tools Rufus beserta pengujiannya pada VMware Workstation 12. Berikut artikelnya :

Membuat Bootable ESXi 5.0 USB Flashdisk menggunakan Rufus & Pengujian pada VMware Workstation 12

Selamat mencoba 🙂
Semoga bermanfaat.
Salam penulis,

Aa alul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *